Hamster by jaroslaw-slodkiewicz -unsplash

Ciri Ciri Hamster Hamil

Ciri ciri hamster hamil – Hamster hamil melalui proses konsepsi atau pembuahan dengan pejantannya. Namun perlu  diperhatikan juga bahwa perlu pengontrolan dalam proses pembuahan. Ini dilakukan agar hamster tidak mengalami proses kehamilan yang tidak sehat.

Dengan mengontrol proses pembuahan anda bisa mengatur hamster mana saja yang akan dikawinkan, berapa umur hamster yang di kawinkan, atau kapan hamster tersebut dikawinkan. Dengan begitu, anda juga dapat mengontrol bayi-bayi hamster yang akan dihasilkan dari proses perkawinan tersebut.

Proses pembuahan yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kondisi bayi hamster yang tidak sehat. Maka dari itu akan dijelaskan beberapa ciri – ciri hamster yang sedang hamil dengan ciri sebagai berikut :

Pemalas

Semakin mendekati masa kelahiran, hamster betina hamil akan terlihat semakin malas. Lebih banyak tidur dan menyandarkan setengah badannya (bagian tengah sampai kepala) kepada tempat yang agak tinggi, contohnya punggung hamster jantan atau dinding kandang.

Bentuk tubuh berubah

Hamster betina hamil akan terlihat gemuk dari hari-hari biasanya. Badannya membulat seperti bola saat hamster sedang duduk. Akan terlihat seperti buah pear hijau kalau dia sedang berdiri, kurus di bagian tengah badan sampai kepala tetapi gemuk di bagian pinggang sampai ekor. Jika berjalan perutnya terlihat seperti tertinggal di belakang.

Sedikit makan

Semakin mendekati masa kelahiran, hamster betina hamil akan semakin sedikit makannya.

Banyak minum

Hamster betina hamil semakin mendekati masa kelahiran akan semakin banyak minumnya. Contohnya selalu kehausan. Porsi minumnya pun bertambah. Maka dari itu ketersediaan harus minum harus selalu ada.

Tidak ingin kawin

Hamster betina hamil akan marah kalau dipaksa kawin oleh hamster jantan. Semakin mendekati masa kelahiran maka hamster betina hamil akan semakin galak kepada hamster jantan. Walaupun kadang terlihat semakin manja.

Gelisah

Pada saat waktu melahirkan hanya tinggal 2-3 hari, hamster betina hamil akan terlihat gelisah. Kegelisahan ditunjukan dengan berputar-putar di kandang. Jika tanda ini muncul, sebaiknya memindahkan hamster jantan ke kandang yang lain. Ini dilakukan agar hamster betina dapat melahirkan dengan tenang tanpa gangguan dari hamster jantan.

Artikel terkait : Cara Budidaya Hamster.

Dari uraian diatas, diharapkan bagi para pecinta hamster ataupun pemula yang baru belajar memelihara hamster dapat mengetahui dan memahami hamster yang sedang hamil.  

Leave a Comment

Your email address will not be published.