Cara Merawat Hamster

Cara merawat hamster – Hamster merupakan binatang sejenis hewan pengerat, dengan berbagai jenis di dunia dan hampir ada di tiap negara. Bentuknya yang mini membuat hamster mudah untuk dibawa ke mana-mana dan tidak memerlukan kandang yang terlalu besar untuk merawatnya. Memelihara hamster bisa dikatakan cukup mudah, karena perawatannya yang tidak terlalu rumit.

Walau demikian anda tidak harus menyepelekannya begitu saja. Bila anda memutuskan untuk memelihara hamster, maka anda harus berkomitmen untuk bertanggungjawab atas hewan peliharaan anda. Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan cara merawat Hamster. Berikut cara nya:

Pemilihan jenis Hamster

Sebaiknya anda memperhatikan jenis hamster yang akan Anda pelihara. Anda dapat bertanya dengan pemilik toko hewan, ataupun para pemelihara hamster lainnya. Selain itu, anda harus banyak mencari informasi mengenai jenis hamster yang akan dipelihara, supaya tidak mengalami kesulitan ketika memeliharanya. Juga penting untuk anda mengetahui pola makan dan hal-hal mendasar dalam perawatan hamster.

Perhatian dan kasih sayang 

Mengapa demikian? karena dengan kasih sayang, hamster yang anda pelihara akan semakin mudah diatur. Anda harus sering-sering menyentuh dan bermain dengannya supaya si hamster cepat mengenali Anda. Begitu juga dengan mencium aroma tangan anda akan membuat Hamster peliharaan cepat beradaptasi dengan anda.

Memperhatikan kebersihan kandang 

Hamster tentu akan menghabiskan seluruh waktunya di dalam kandang. Oleh karena itu anda harus memenuhi semua kebutuhan yang membuatnya nyaman berada di dalam kandang. Anda perlu memastikan kebersihan serbuk kayu untuk kandang.

Contohnya mengganti serbuk kayu dua kali seminggu untuk menjaga kebersihan kandangnya. Serbuk kayu berfungsi untuk menghangatkan tubuh hamster dan juga menjadi tempatnya untuk membuang kotoran. Serbuk kayu ini bisa didapatkan di toko-toko hewan.

Selain mengganti serbuk kayu, kandang Hamster juga harus dicuci seminggu atau dua minggu sekali. Dan juga bersihkan seluruh peralatan dan aksesoris yang ada di dalam kandang. Pastikan semuanya dalam keadaan bersih saat Anda mengembalikan hamster kembali ke kandangnya. Penjagaan kebersihan kandang ini harus terus dilakukan agar Hamster tidak terjangkit penyakit. 

Artikel lainnya Ciri Ciri Hamster Hamil.

Pemilihan aksesoris kandang

Pastikan bahwa aksesoris itu memang dibutuhkannya. Tak hanya sekedar hiasan saja. Perlu diketahui bahwa di alam liar hamster akan berjalan hingga delapan mil dalam semalam hanya untuk mencari makan. Hal itu adalah salah satu insting alaminya.

Bahkan bila hamster tidak melakukannya atau tidak ada media untuknya melakukan hal tersebut, akan beresiko menyebabkan kelumpuhan. Oleh karena itu, anda perlu menambah aksesoris berbentuk roda untuk media penyaluran insting alaminya tersebut.

Anda juga memerlukan sebuah kotak kardus kecil atau sesuatu yang bisa menjadi tempat persembunyian hamster saat ia akan tidur. Sebab, cara tidur hamster adalah dengan bersembunyi. Hamster juga senang berjalan melalui terowongan. 

Ketersedian makanan dan air minum

Anda perlu menyediakan air tawar dan makanannya berupa biji Bunga Matahari di dalam tempat makannya, dan diisi setiap hari. Boleh juga memberikan makanan lain seperti wortel, seledri, apel dan anggur untuk menambah kebutuhan nutrisi Hamster.

Tetapi perlu diawasi takaran dan jadwalnya. Karena konsumsi makanan tambahan ini tidak dapat dilakukan sering-sering. Juga tidak dapat diberikan dalam jumlah yang banyak. Sebab akan berpengaruh buruk pada pencernaan Hamster. Jangan memberi makan coklat, biji kopi, atau kafein apapun pada hamster sebab hal ini bisa mengakibatkan kematian.

Baca juga Cara Budidaya Hamster.

Jangan merendam Hamster didalam air untuk mandi

Hamster merupakan salah satu binatang yang rentan terhadap serangan penyakit. Sebenarnya Hamster akan bersih sendiri sepanjang waktu dan biasanya tidak perlu dibersihkan. Sebagai contoh, Hamster kerdil akan sangat menikmati mandi debu. Anda bisa membeli debu atau bubuk debu untuk mandi hamster di toko hewan peliharaan.

Bila sekali waktu memang mengharuskan anda untuk membersihkannya, anda bisa dengan aman menggunakan kain basah atau tisu khusus untuk hewan peliharaan. Tidak perlu menggunakan sabun atau shampo.

Leave a Comment

Your email address will not be published.